Selasa 19 April 2016

Pelaksanaan Kegiatan Manajemen Pasar Rakyat, (kiri atas searah jarum jam) Pasar Sayur Kab. Langsa, Pasar Lhoksukon Kab. Aceh Utara, Pasar Balige Kab. Toba Samosir, Pasar Ampana Kab. Tojo Una-Una

Untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip revitalisasi pasar, Kemendag RI akan melakukan pendampingan untuk revitalisasi pasar tersebut dalam sebuah kegiatan yang disebut dengan Pemberdayaan Pasar Terpadu. Tujuan dari kegiatan ini adalah;

  • Mendorong pasar rakyat mampu berkompetisi dan berdaya saing dengan pusat perbelanjaan dan toko modern
  • Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
  • Menjadikan pasar rakyat sebagai penggerak roda perekonomian daerah

Jumlah Pasar yang Diberdayakan
2015 2016 2017 2018 2019
50 100 100 100 100
50 100 100 100 100

Kegiatan ini akan dilakukan melalui tahapan-tahapan sebagai berikut;

  • Pemberdayaan Manajemen Pasar Rakyat, yang terdiri dari :
    • Sosialisasi kepada pedagang dan Forum Komunikasi, merupakan kegiatan sosialisasi dalam rangka relokasi kembali pedagang ke pasar yang telah dibangun
    • Focus Group Discussion (FGD), berupa pertemuan dengan seluruh stake holder dalam rangka persiapan penempatan kembali pedagang ke pasar yang telah dibangun
    • Sekolah Pasar, berupa suatu media pembelajaran dalam pengembangan agama, ilmu pengetahuan, dan teknologi bagi pelaku pasar tradisional
    • Bimbingan Teknis Pengelolaan Pasar, berupa kegiatan peningkatan capacity building kepada aparatur maupun pengelola pasar terkait dengan manajemen pengelolaan pasar yang baik
  • Aktivasi
    • Merupakan kegiatan yang dilakukan oleh komunitas pasar untuk mengaktifkan kembali kegiatan operasional transaksi ekonomi pasar dan menarik kembali minat kunjungan konsumen / pelanggan pasar rakyat melalui pelaksanaan event - event promosi pemasaran yang menarik dan interaktif.

Sebarkan Artikel Ini
Revitalisasi

SUB SISTEM SP2KP
Sekretariat SP2KP. Kementerian Perdagangan RI
Jl. M. I. Ridwan Rais, No. 5, Jakarta Pusat 10100
Telepon021 3852810
Fax021 3858214
emailews@kemendag.go.id
Copyright © 2016 Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.