TENTANG SP2KP
Lahirnya sistem liberalisasi perdagangan di era globalisasi ini memberikan peluang juga tantangan bagi perekonomian nasional. Untuk menghadapi era baru ini tak hanya membutuhkan semangat dan optimisme dalam menangkap peluang, tetapi juga membutuhkan berbagai strategi, informasi, dan kebijakan agar liberalisasi tersebut dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi pertumbuhan ekonomi nasional. 

Pada tahun 2016, seiring dengan perubahan tantangan dan peluang tersebut, maka Kementerian Perdagangan membuat program Sistem Informasi Perdagangan. Perencanaan pembangunan Sistem Informasi Perdagangan ini sebelumnya telah diinisiasi oleh pembuatan Cetak Biru Sistem Informasi dan perubahan organisasi di lingkungan Kementerian Perdagangan. Pembangunan Sistem Informasi Perdagangan diawali dari pembuatan Portal yang berembrio dari aplikasi pemantauan harga barang kebutuhan pokok dan barang penting, yang sebelumnya sudah diinisiasi sejak tahun 2010 yang lebih dikenal dengan SP2KP. 

Sistem Informasi Perdagangan ini berisi informasi rata-rata harga kebutuhan pokok di 34 ibukota propinsi, regulasi, berita, artikel, publikasi, pasar dan gudang, serta sarana distribusi perdagangan terkini yang terkait dengan perdagangan dalam negeri. Dengan adanya Sistem Informasi Perdagangan ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.
SUB SISTEM SP2KP
Sekretariat SP2KP. Kementerian Perdagangan RI
Jl. M. I. Ridwan Rais, No. 5, Jakarta Pusat 10100
Telepon021 3852810
Fax021 3858214
emailews@kemendag.go.id
Copyright © 2016 Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.