PeduliLindungi akan diberlakukan untuk masuk pasar tradisional. Beberapa pasar uji coba aturan itu, salah satunya Pasar Modern 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan. Namun, pedagang mengeluhkan saat pasar akan dibuka terjadi antrean panjang karena banyak pedagang yang belum memiliki aplikasinya

"Tadi pagi jam setengah 6 atau jam 6 pagi tadi antre panjang. Ternyata banyak pedagang yang belum punya aplikasi. Kalaupun ada juga belum daftar," kata Rafi, pedagang kue lupis kepada detikcom Kamis, (30/9/2021).

Ia mengatakan, beberapa pedagang yang tidak memiliki aplikasi mendadak harus mengunduh. Dia sendiri sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi jadi mudah untuk masuk.

"Mereka ya jadi mendadak download sih ya. Kalau saya sudah punya kan pas divaksin langsung download terus daftar" tuturnya.

Pedagang lain mau tak mau harus mendownload aplikasi PeduliLindungi agar diperbolehkan masuk ke pasar.

"Iya tadi antre panjang itu gara-gara belum ada aplikasinya. Gimana kan kalau nggak ada nggak bisa," kata salah satu pedagang sayur Pasar Modern 8.

Sebagai informasi, hari ini Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dijadwalkan akan memantau uji coba penggunaan aplikasi PeduliLindungi di Pasar Modern 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan. Selain itu ada 5 pasar lagi masuk daftar uji coba pemberlakuan PeduliLindungi.

Sebelumnya, dia mengungkapkan penggunaan aplikasi ini diharapkan bisa memberikan keamanan dan kenyamanan untuk pengunjung dari penularan COVID-19. Selain itu diharapkan bisa menggerakkan perekonomian nasional.

"Ada beberapa pasar rakyat yang akan diujicoba dengan memperhatikan tingkat vaksinasi pedagang dan pengelola pasar rakyat," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/9/2021).

Selain itu yang harus dipertimbangkan adalah pedagang dan pengelola pasar sudah divaksinasi 100%. Lalu pasar juga wajib menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan rekomendasi Kementerian Perdagangan.
Sebarkan Berita Ini
Berita Terkait
Berita Terkini
Kalender Kejadian 2017

27
Des
Hari Raya Natal
25
Des
Hari Raya Natal
24
Des
Hari Raya Natal
19
Okt
Maulid Nabi Muhammad SAW
Sekretariat SP2KP. Kementerian Perdagangan RI
Jl. M. I. Ridwan Rais, No. 5, Jakarta Pusat 10100
Telepon021 3841961/962
Fax021 3841963
emailews@kemendag.go.id
Copyright © 2017 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.