Stok Gula di Berau Aman untuk Nataru

TANJUNG REDEB – Selain minyak goreng, di beberapa wilayah saat ini jugabanyak yang kekurangan stok gula, namun tidak dengan Berau. Hal itu disampaikanKepala Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Berau, Apriansyah.

Persediaan gula di gudang Bulog saat ini disebutnya sebanyak 200 ton, masihcukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Bumi Batiwakkal –sebutan KabupatenBerau- hingga momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti. Dengan persediaan itujuga, diharapkan bisa menjaga stabilitas harga, agar masyarakat bisamendapatkan komoditas tersebut dengan harga terjangkau.

“Saat ini ada lagi penambahan gula pasir kita sekitar 50 ton, jadi kitahampir 200 ton di dalam gudang. Kalau asumsi kebutuhan di Kabupaten Berau ini,satu bulan 50 ton, seharusnya satu hingga tiga bulan ke depan stok yangtersedia di gudang aman,” ujarnya kepada awak media, (19/11).

Untuk itu juga, dirinya meminta masyarakat tidak khawatirapalagi sampai menyetok dengan jumlah banyak di rumah. “Tahun lalu permintaangula menjelang akhir tahun cukup tinggi, maka dari itu kami memang sudahmempersiapkannya, kalau beberapa bulan lalu memang sempat kosong sehinggaharganya melambung,” terang Apriansyah.

Untuk harga pun disebutnya tidak ada kenaikan yakni berkisardi Rp12.000 hingga 12.500 per kilogram (Kg). “Karena saat ini stok cukup makaharga juga stabil. Tapi kalau nyatanya ada lonjakan harga, maka kami akanmelakukan stabilisasi harga atau melakukan operasi pasar,” tandasnya.