Harga daging sapi di DIY disepakati Rp85 ribu/kilo

Mahadeva Wahyu Sugianto  |  ekbis.sindonews.com  |  Rabu, 13 Februari 2013

YOGYAKARTA, DIY - Untuk menjaga stabilisasi harga daging sapi, Pemerintah Daerah DIY telah mendapatkan kesepakatan harga dengan komunitas jagal sapi. Saat ini harga di tingkat jagal ditetapkan sebesar Rp85.000 per kilo daging sapi.


Harga di tingkat pedagang dari hasil pemantauan, masih stabil dengan harga maksimal Rp90.000 perkilo. "Harga saat ini cenderung stabil di Rp90.000 perkilo," tandas Kepala Biro Administrasi Ekonomi Setda DIY, Retno Setijowati, Rabu (13/2/2013).


Retno menuturkan, sebelum polemik daging sapi menguat secara nasional, kondisi perdagangan daging sapi di DIY sudah lebih dahulu ribut. Bahkan para pedagang di Pasar Beringharjo, sebagai pasar tradisional terbesar di Yogyakarta sempat melakukan boikot dengan berhenti berdagang selama dua hari.


Hasil penelusuran Tim Pengendali Inflasi Daerah, polemik penjualan daging sapi di DIY dipengaruhi oleh permainan jagal sapi baru. Banyak pemain baru yang mendesak terjadinya kenaikan harga dengan alasan kualitas sapi DIY yang baik bila dibandingkan sapi dari daerah lain.


Menyikapi hal tersebut, sempat dilakukan operasi pasar daging sapi selama satu minggu. "Saat ini harga cenderung stabil antara Rp85.000 sampai Rp90.000 perkilo," tandas salah satu pedagang daging sapi di Beringharjo Ita.


Hanya saja, jika dibandingkan dengan harga sebelumnya, harga jual antara Rp85.000-Rp90.000 perkilo termasuk cukup tinggi. Sebelumnya, harga daging sapi di pasar berkisar Rp65.000 hingga Rp75.000 perkilonya.